VISITASI AKREDITASI PRODI D4 GIZI

POLTEKKES KEMENKES PALEMBANG


ASESOR LAM-PTKes : 
Dr. Suparman, SKM, M.Sc

Dr. Nurul Muslihah, SP, M.Kes



Palembang, 31 Maret 2019 – 2 April 2019

Senin, 1 April 2019 Poltekkes Kemenkes Palembang, kembali mendapat kunjungan/visitasi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes), tepatnya di Prodi D4 Gizi. Visitasi ke Prodi D4 Gizi ini merupakan kunjungan pertama yang dilakukan oleh LAM-PTKes di tahun 2019 ini.

Adapun Tim Asesor Lam-PTKes yang di tunjuk adalah Bpk. Dr. Suparman, SKM, M.Sc dan Dr. Nurul Muslihah, SP, M.Kes. Kedatangan mereka disambut oleh Direktur, Wakil Direktur I, II, dan III, Kajur Gizi, Ka.Prodi, Ka. SPI, Ka. Subbag ADAK, Ka. Subbag ADUM, Ka. Subbag AKAK, Kepala Pusat, Kepala Unit dan seluruh civitas akademika di Kampus Prodi D4 Gizi Poltekkes Kemenkes Palembang.

Kegiatan visitasi yang dimulai pada hari senin pukul 08.00-18.00 diawali dengan seremonial pembukaan, presentasi Direktur, presentasi Ka.Prodi tentang data terkini kemudian dilanjutkan dengan assessment oleh asesor dengan masing-masing penanggung jawab standar serta pengecekan dokumen. Setelah assessment kemudian dilakukan wawancara dengan alumni, stakeholder, dosen tetap, pengelola dan perwakilan mahasiswa


Keesokan harinya Selasa, 2 April 2019 yang dimulai pukul 08.00 tim asesor menyampaikan bahwa penilaian akreditasi tidak semata-mata ditentukan oleh assessor namun masih ada dua tahapan yang dilalui hingga hasil penilaian dikeluarkan yakni melalui tim validator dan dewan majelis akreditasi.

Tim asesor memberikan berbagai masukan untuk peningkatan mutu Program Studi, menjadikan institusi semakin baik dan terpercaya di mata masyarakat. Keunggulan prodi di bidang “feeding formula” merupakan pilihan yang tepat dan harus digarap dengan serius mengingat belum begitu banyak kompetitor sekolah kesehatan yang memiliki bidang unggulan yang serupa.

Saran dan hasil visitasi dituangkan dalam laporan hasil visitasi, kemudian hasil itu akan dilaporkan ke LAM-PT dan juga berita acara diserahkan langsung kepada institusi melalui Direktur Poltekkes Kemenkes Palembang Bapak Muhamad Taswin, S.Si, Apt, MM, M.Kes dan Ketua Program Studi D4 Gizi Ibu Susyani, SST, M.Kes Dengan pelaksanaan akreditasi ini Prodi D4 Gizi diharapkan dapat memperoleh hasil yang terbaik dalam upaya untuk mengawal mutu pendidikan sebagaimana yang tertuang dalam Standar Nasional Pendidikan Tinggi.(Intan Kumalasari – Pusat Penjamin Mutu)

Leave a Comment

thirteen − nine =