Selasa, 27 Oktober 2020, Poltekkes Kemenkes Palembang kembali melaksanakan Assasment Lapangan Daring (ALD) di Prodi D III Gizi. Kegiatan yang diselenggarakan selama 3 hari ini dimulai dari tanggal 27-29 Oktober 2020. Bertindak sebagai assesor yang ditunjuk oleh LAM-PT Kes Kali ini adalah Bpk. Nuryanto, S.Gz, M.Gz  yang berasal dari Universitas Diponegoro sebagai Ketua Asesor dan Ibu Endang Titi Amrihati, SKM, M.Kes berasal dari Poltekkes Kemenkes II Jakarta sebagai asesor pendamping (II). Reakreditasi pada Prodi D III Gizi ini adalah reakreditasi yang kedua kalinya setelah akreditasi yang pertama yaitu ditahun 2015 oleh pihak BAN-PT. Kegiatan visitasi yang diselenggarakan secara daring ditengah pandemic covid-19 ini adalah ALD yang ke dua kalinya dialami Poltekkes Kemenkes Palembang, setelah sebelumnya Prodi D III Keperawatan Palembang telah di ALD pada 9-11 Oktober 2020. ALD ini dimaksudkan untuk memotret serta mengkonfirmasi isi borang yang telah divalidasi sebelumnya, mensingkronkan kesesuaian antar informasi yang telah disampaikan/dituliskan pada borang dengan dokumen yang tersedia. Pada Reakreditasi kali ini Program Studi DIII Gizi yang sebelumnya telah menyandang status Akreditasi B, berharap dengan di lakukan reakreditasi kembali hasil yang diperoleh lebih memuaskan dari akreditasi sebelumnya yaitu meraih predikat Unggul. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini dihadiri  oleh seluruh stakeholder internal mulai dari direktur, para wadir, para kasubag, para kapus, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa hingga PJ dan Tim yang terlibat dalam pembuatan borang 3A maupun 3B. sementara stakeholder eksternal yang dihadirkan adalah dari alumni dan lahan praktik (RS dan Puskesmas). Antusiasme dan semangat kebersamaan untuk menunjukkan bukti dokumen kepada asesor demi meraih nilai unggul begitu kental terlihat pada masing-masing tim boring 3A maupun 3B mulai dari standar 1 sampai dengan standar 7. Di akhir sesi visitasi, tim asesor menyampaikan bahwa penilaian akreditasi tidak semata-mata ditentukan oleh assesor, Asesor hanya menyumbang 50-60% penilaian, dan masih ada dua tahapan yang dilalui hingga hasil penilaian dikeluarkan, yaitu melalui tim validator (20%) dan dewan majelis akreditasi (20%).

TIM memberikan berbagai masukan untuk peningkatan mutu Program Studi, menjadikan institusi semakin baik dan terpercaya di mata masyarakat. Keunggulan prodi di bidang “enterpreuner” merupakan pilihan yang tepat dan harus digarap dengan serius mengingat belum begitu banyak kompetitor sekolah kesehatan yang memiliki bidang unggulan yang sama, dan Prodi D III Gizi merupakan satu-satunya PS Kesehatan yang berstatus negeri sehingga animo masyarakat untuk menyekolahkan anaknya ke Prodi DIII Gizi ini masih sangat tinggi.

Saran dan hasil visitasi dituangkan dalam laporan hasil visitasi, kemudian hasil itu akan dilaporkan ke LAM-PT dan juga berita acara diserahkan langsung kepada institusi melalui Direktur Poltekkes Kemenkes Palembang Bpk. Muhamad Taswin, S.Si, Apt, MM, M.Kes dan Ketua Program Studi DIII Gizi Bpk. Muzakar, S.SiT, MPH Dengan pelaksanaan akreditasi ini Prodi D3 Gizi Palembang diharapkan dapat memperoleh hasil unggul dalam upaya untuk mengawal mutu pendidikan sebagaimana yang tertuang dalam Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan wujud pertanggungjawaban akuntabilitas kepada publik

Leave a Comment

thirteen − nine =