Jum’at (9/10/2020) Poltekkes Kemenkes Palembang, tepatnya Prodi DIII Keperawatan Palembang mendapat kunjungan atau visitasi dari tim asesor Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) yaitu Bpk. Ns.I Ketut Alit Adianta, S.Pd, S.Kep, M.N.S dari D III Keperawatan Institut Teknologi dan kesehatan Bali dan Bapak Dr. Dian Roslan Hidayat, S.Kep, M.Kes dari STIKES Karsa Husada Garut. Kegiatan Assasment lapangan ini adalah kegiatan assasmen lapangan pertama yang dilaksanakan secara daring  setelah Indonesia dan dunia dilanda oleh pandemic covid-19. Kebijakan dan Langkah tersebut diambil oleh LamPT-Kes sebagai lembaga yang bertugas memberikan penilaian akreditasi perguruan tinggi kesehatan untuk mencegah penyebaran secara massif virus corona (covid-19). Direktur Poltekkes Palembang  Bpk. Muhamad Taswin, S.Si, Apt, MM, M.Kes dalam sambutannya mengatakan, “ Tujuan akreditasi LAM-PTKes bukan hanya untuk memberikan status dan peringkat akreditasi program studi saja, tetapi utamanya untuk menumbuhkan kesadaran, motivasi, dan langkah-langkah konkrit yang akhirnya bermuara pada budaya peningkatan mutu berkelanjutan di Poltekkes Palembang, khususnya di Prodi D III Keperawatan Palembang”

Visitasi dalam rangka akreditasi Program Studi (Prodi) D3 Keperawatan Palembang ini berlangsung selama 3 hari yaitu dari tanggal 9-11 Oktober 2020 dan merupakan visitasi dan akreditasi yang kedua kalinya dari LAM-PTKes. Sebelumnya ditahun 2015 Prodi D3 Keperawatan Palembang telah mendapatkan akreditasi dari LamPT-Kes dengan nilai B

Kegiatan visitasi diawali arahan dari ketua Tim Asesor LAM-PTKes yaitu Bpk. Ns. I Ketut Alit Adianta, S.Pd, S.Kep, M.N.S  kemudian dilanjutkan dengan pemutaran profil Prodi D III Keperawatan Palembang, paparan dari direktur dan kaprodi terkait penambahan isi borang yang belum termasuk kedalam dokumen borang  sebelumnya. Acara kemudian dilanjutkan dengan singkronisasi data borang 3A dan 3B kemudian dilanjutkan dengan live streaming  fasilitas sarana dan prasarana yang ada di Prodi DIII Keperawatan Palembang diawali dengan peninjauan ruang dosen, perpustakaan, ruang kelas, ruang laboratorium keperawatan, aula, musola, wifi-corner, tempat parkir dan lapangan olah raga serta laboratorium unggulan yaitu kegawatdaruratan. Kemudian dihari yang ke-2 dilanjutkan dengan kunjungan ke lahan praktek (Rumah Sakit dan Puskesmas), wawancara antara asesor dengan mahasiswa, dosen, alumni, tendik dan stakeholder.

Setelah dilakukan sikronisasi, klarifikasi dan revisi, diakhir sesi visitasi tim asesor menyampaikan bahwa tugas tim asesor adalah untuk mengobservasi dan mengecek kesesuaian isian borang 3A dan 3B dengan sistem dokumentasi yang ada.

TIM memberikan berbagai masukan untuk peningkatan mutu Program Studi, menjadikan institusi semakin baik dan terpercaya di mata masyarakat. Keunggulan prodi di bidang “kegawatdaruratan” dengan memperhatikan “Nilai – nilai kearifan lokal merupakan pilihan yang tepat dan harus digarap dengan serius mengingat belum begitu banyak kompetitor sekolah kesehatan yang memiliki bidang unggulan di sini, dan Prodi D III Keperawatan Palembang merupakan satu-satunya PS Kesehatan yang berstatus negeri sehingga animo masyarakat untuk menyekolahkan anaknya ke Prodi DIII Keperawatan Palembang ini masih sangat tinggi. Saran dan hasil visitasi dituangkan dalam laporan hasil visitasi, kemudian hasil itu akan dilaporkan ke LAM-PT dan juga berita acara diserahkan langsung kepada institusi melalui Direktur Poltekkes Kemenkes Palembang Palembang  Bpk. Muhamad Taswin, S.Si, Apt, MM, M.Kes dan Ketua Program Studi DIII Keperawatan Palembang Ibu Devi Mediarti, S.Kep, Ns, S.Pd, M.Kes. Dengan pelaksanaan akreditasi ini Prodi D3 Keperawatan Palembang diharapkan dapat memperoleh hasil yang terbaik dalam upaya untuk mengawal mutu pendidikan sebagaimana yang tertuang dalam Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Leave a Comment

two × three =