ASSESMEN LAPANGAN LURING (ALL)
PROGRAM STUDI DIPLOMA TIGA TEKNOLOGI LABORATORIUM MEDIS
POLTEKKES KEMENKES PALEMBANG
(04 JULI 2023 – 06 JULI 2023)

Diploma Tiga Teknologi Laboratorium Medis telah melakukan Assesmen Lapangan Luring (ALL) Akreditasi Program Studi di Lingkungan Poltekkes Kemenkes Palembang pada awal bulan Juli tahun 2023. Kegiatan ALL ini dilaksanakan pada tanggal 4 Juli – 6 Juli 2023 oleh Asesor dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi (LAM-PTKes), Tim Akreditasi Unit Pengelola Program Studi (UPPS), Tim Akreditasi Program Studi (PS), dan Stakeholder dari Tempat Lahan Praktik. Asesor LAM-PTKes yang bertugas pada kegiatan ALL ini adalah Ibu Dewi Inderiati, S.Si, M.Biomed dari Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jakarta III sebagai Assesor 1 dan Ibu Dr. Arina Novilla, S.Pd, M.Si dari Universitas Jenderal Achmad Yani sebagai Assesor 2.

Sesuai dengan Rundown ALL yang telah diberikan oleh pihak LAM-PTKes, hari pertama dimulai dengan pembukaan acara ALL berupa sambutan dari Direktur Poltekkes Kemenkes Palembang (Bapak Muhamad Taswin, Apt., MM., M.Kes) dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua tim Asesor dari LAMPT-Kes (Ibu Dewi Inderiati, S.Si, M.Biomed). Setelah sambutan, kegiatan selanjutnya merupakan presentasi mengenai Poltekkes Kemenkes Palembang yang dilakukan oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Palembang dan dilanjutkan presentasi oleh Ketua Prodi Diploma Tiga Teknologi Laboratorium Medis Poltekkes Kemenkes Palembang (Ibu Nurhayati, S.Pd, SKM, M.Kes) mengenai profil dan capaian Program Studi Diploma Tiga Teknologi Laboratorium Medis. Setelah presentasi selesai, Asesor melanjutkan klarifikasi data dan informasi DKPS dan LED dari Kriteria 1 – 9.

Pada hari selanjutnya dilakukan peninjauan fasilitas pembelajaran di kampus dan peninjauan proses pembelajaran pada wahana praktik BBLK dan Rumah Sakit. Setelah Asesor kembali ke Jurusan TLM, Asesor melakukan wawancara dengan administrasi pelayanan akademik dan non akademik, Pustakawan, IT, dan pelayanan user. Wawancara juga dilakukan dengan Dosen PS, dosen pembimbing laboratorium, calon pengguna lulusan (CPL), mahasiswa dan calon pembimbing praktik. Kegiatan dilanjutkan dengan sinkronisasi data dan dokumen terkait kriteria 1 sampai dengan kriteria 9 yang masih perlu dikonfirmasi kembali. Pihak Asesor menyusun laporan hasil assemen lapangan berdasarkan catatan yang telah dibuat dan melakukan penyampaian hasil catatan pada saat ALD yang telah dilakukan oleh tim asesor.

Kegiatan Asesmen Lapangan Luring ditutup dengan kegiatan penyampaian berita acara asesmen lapangan oleh Tim Asesor yang dibacakan dihadapan pimpinan UPPS dan PS serta tim penyusun.

Dengan mengucapkan Puji dan Syukur atas Rahmat Allah SWT, Program Studi Diploma Tiga Teknologi Laboratorium Medis mendapatkan hasil akreditasi dengan predikat UNGGUL (Skor Nilai 369) dengan Nomor SK 0575/LAM-PTKes/Akr/Dip/VII/2023 Tanggal 28 Juli 2023. Selamat untuk Program Studi Diploma Tiga Teknologi Laboratorium Medis, TETAP UNGGUL!!.

Leave a Comment

3 × five =