ASSESMEN LAPANGAN LURING (ALL)
PROGRAM STUDI SARJANA TERAPAN TEKNOLOGI LABORATORIUM MEDIS
POLTEKKES KEMENKES PALEMBANG
(01 DESEMBER 2022 – 03 DESEMBER 2022)

Sarjana Terapan Teknologi Laboratorium Medis menjadi program studi yang pertama melakukan Assesmen Lapangan Luring (ALL) Akreditasi Program Studi di Lingkungan Poltekkes Kemenkes Palembang pada penghujung tahun 2022. Kegiatan ALL ini telah dilaksanakan pada tanggal 01 Desember – 03 Desember 2022 oleh Asesor dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi (LAM-PTKes), Tim Akreditasi Unit Pengelola Program Studi (UPPS), Tim Akreditasi Program Studi (PS), dan Stakeholder dari Tempat Lahan Praktik. Asesor LAM-PTKes yang bertugas pada kegiatan ALL ini adalah Ibu Dr.Ir. Juliana Cristyaningsih, M.Kes sebagai Asesor I dari Poltekkes Kemenkes Surabaya dan Ibu Herlisa Anggraini SKM.,M.Si.Med sebagai Asesor II dari Universitas Muhammadiyah Semarang.

Sesuai dengan Rundown ALL yang telah diberikan oleh pihak LAM-PTKes, hari pertama dimulai dengan pembukaan acara ALL berupa sambutan dari Direktur Poltekkes Kemenkes Palembang yang diwakili oleh Wakil Direktur I (Ibu Dra. Ratnaningsih Dewi Astuti, M.Kes) dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua tim Asesor dari LAMPT-Kes (Ibu Dr. Ir. Juliana Cristyaningsih, M.Kes). Setelah sambutan, kegiatan selanjutnya merupakan presentasi mengenai Poltekkes Kemenkes Palembang yang dilakukan oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Palembang (Bapak Muhamad Taswin, Apt., MM., M.Kes) dan dilanjutkan presentasi oleh Ketua Prodi Sarjana Terapan Teknologi Laboratorium Medis Poltekkes Kemenkes Palembang (Bapak Abdul Mutholib, ST, MT) mengenai Profil Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Laboratorium Medis. Setelah presentasi selesai, Asesor melanjutkan peninjauan fasilitas pembelajaran di kampus dan peninjauan proses pembelajaran pada wahana praktik BBLK dan Rumah Sakit.

Pada hari selanjutnya dilakukan wawancara dengan administrasi pelayanan akademik dan non akademik, Pustakawan, IT, dan pelayanan user. Wawancara juga dilakukan dengan Dosen PS, dosen pembimbing laboratorium, calon pengguna lulusan (CPL), mahasiswa dan calon pembimbing praktik. Agenda selanjutnya merupakan presentasi, konfirmasi serta sinkronisasi terkait data dan dokumen dari kriteria 1 sampai dengan 9 yang telah di unggah oleh pihak UPPS dan PS. Kegiatan dilanjutkan dengan sinkronisasi data dan dokumen terkait kriteria 1 sampai dengan kriteria 9 yang masih perlu dikonfirmasi kembali. Pihak Asesor menyusun laporan hasil assemen lapangan berdasarkan catatan yang telah dibuat dan melakukan penyampaian hasil catatan pada saat ALD yang telah dilakukan oleh tim asesor.

Kegiatan Asesmen Lapangan Luring ditutup dengan kegiatan penyampaian berita acara asesmen lapangan oleh Tim Asesor yang dibacakan dihadapan pimpinan UPPS dan PS serta tim penyusun.

Dengan mengucapkan Puji dan Syukur atas Rahmat Allah SWT, Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Laboratorium Medis mendapatkan hasil akreditasi dengan predikat Baik (Skor Nilai 263) dengan Nomor SK 1080/LAM-PTKes/Akr/Dip/XII/2022 Tanggal 16 Desember 2022Selamat untuk Program Studi STr TLM!

Leave a Comment

twenty − 5 =