Pelaksanaan pendampingan dan observasi persiapan reakreditasi program studi diploma tiga kebidanan muara enim telah dilakukan pada tanggal 22 Maret – 25 Maret 2022 melalui Pusat Penjaminan Mutu Poltekkes Kemenkes Palembang. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk mengetahui persiapan dari program studi dalam melakukan reakreditasi dan kendala yang ditemui dalam penyusunan borang akreditasi menggunakan instrumen 9 kriteria mencakup dokumen kinerja program studi (DKPS), laporan evaluasi diri (LED), dokumen penunjang lain yang harus disiapkan oleh tim akreditasi serta sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh program studi.

Kegiatan ini dihadiri dan diikuti oleh Direktur, Wakil Direktur I, Ketua Jurusan Kebidanan yaitu Ibu Nesi Novita, S.SiT, M.Kes, Ka. Unit IT, Ka. Unit Instalasi Sarana dan Prasarana, Kepala Pusat Penjaminan Mutu, Koor SPME, Koor SPMI serta Tim Akreditasi yang berada di Program Studi (PS). Kegiatan dimulai dengan pembukaan yang disampaikan oleh Direktur mengenai arahan persiapan reakreditasi dan menginfokan pelaksanaan assesmen lapangan diperkirakan akan dilakukan secara luring pada akhir bulan Desember nanti. Acara dilanjutkan dengan presentasi yang disampaikan oleh ketua program studi diploma tiga kebidanan yaitu ibu Dahliana, SKM, M.Kes mengenai kendala yang ditemui oleh pihak PS dimulai dari kriteria 1 hingga kriteria 9.

Pada pendampingan ini juga dilakukan pengecekan dan sinkronisasi dokumen borang 3A dan BA agar memudahkan tim akreditasi dalam mengetahui dokumen yang telah tersedia di program studi dan dokumen yang belum tersedia dan perlu didiskusikan lebih lanjut dengan tim unit pengelola program studi (UPPS) pada masing-masing kriteria.

Melalui kegiatan ini, diharapkan tim akreditasi PS dan UPPS dapat dengan mudah mempersiapkan kebutuhan reakreditasi sampai dengan pelaksanaan assesmen lapangan yang nantinya akan dilakukan oleh pihak Assesor Lam-PTKes.

Leave a Comment

2 × 3 =