Assesmen Lapang Daring (ALD)

Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan

Poltekkes Kemenkes Palembang

(15 Maret – 18 Maret 2022)

Asesment Lapangan Daring (ALD) Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan Poltekkes Kemenkes Palembang telah dilaksanakan pada tanggal 15 Maret sampai 18 Maret 2022. Kegiatan assessmen lapangan pada program studi Sarjana Terapan Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan Poltekkes Kemenkes Palembang dilakukan secara daring oleh Asesor dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi (LAM-PTKes). Assesor LAM-PTKes yang bertugas pada kegiatan ini adalah ibu Emy Suryani, M.Mid sebagai Assesor I dari Poltekkes Kemenkes Surakarta, ibu Bintang Petralina, SST, M.Keb sebagai Assesor II dari Universitas Binawan dan ibu Bd Baharika Suci Dwi Aningsih, M.Keb sebagai Assesor III dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sint Carolus.

Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan Poltekkes Kemenkes Palembang merupakan Program Studi kedua dilingkungan Poltekkes Kemenkes Palembang setelah Program Studi Diploma Tiga Sanitasi yang melakukan akreditasi dengan menggunakan instrumen 9 kriteria. Kegiatan ALD dihadiri dan diikuti oleh Direktur, Wakil Direktur I, Wakil Direktur II, Wakil Direktur III, Ketua Jurusan Ibu Nesi Novita, S.SiT, M.Kes, Ketua Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan Poltekkes Kemenkes Palembang Ibu Elita Vasra, SST, M.Keb serta Tim Akreditasi Program Studi (PS) maupun Unit Pengelola Program Studi (UPPS). Kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan, alumni dan stakeholder dari tempat lahan praktik seperti dari Rumah Sakit, Puskesmas dan Praktek Mandiri Bidan (PMB).

Sesuai dengan Rundown ALD yang telah diberikan oleh pihak LAM-PTKes, hari pertama merupakan acara pembukaan ALD dengan agenda pengenalan pimpinan UPPS dan PS serta pengenalan tim assesor serta pembacaan susunan acara dan tata tertib. Agenda selanjutnya merupakan presentasi, konfirmasi serta sinkronisasi terkait data dan dokumen dari kriteria 1 sampai dengan 9 yang telah di unggah oleh pihak UPPS dan PS dengan pihak assesor yang dibagi menjadi 3 breakroom pada virtual zoom meeting.

Pada hari kedua, dilakukan sesi live streaming sarana dan prasarana di ruang pimpinan yang berada di Direktorat Poltekkes Kemenkes Palembang. Dilanjutkan dengan sarana prasarana yang terdapat pada Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan Poltekkes Kemenkes Palembang. Kegiatan live streaming juga dilakukan pada laboratorium yang digunakan oleh mahasiswa ataupun dosen pada Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan Poltekkes Kemenkes Palembang.

Selanjutnya pada hari ketiga, kegiatan sesi live streaming dilakukan pada lahan praktek di Rumah Sakit, Puskesmas dan Praktik Mandiri Bidan (PMB). Pada sesi live streaming ini juga dilakukan tanya jawab dengan pihak Clinical Instructor (CI) lapangan lahan praktek. Kegiatan dilanjutkan dengan sinkronisasi data dan dokumen terkait kriteria 1 sampai dengan kriteria 9 yang masih perlu dikonfirmasi kembali. Pihak assesor menyusun laporan hasil assemen lapangan berdasarkan catatan yang telah dibuat dan melakukan penyampaian hasil catatan pada saat ALD yang telah dilakukan oleh tim assesor.

Hari terakhir kegiatan ALD atau pada hari keempat, dilakukan sesi penutupan, penandatanganan berita acara assesmen lapangan serta penyampaian berita acara dan rekomendasi ALD.

Dengan mengucapkan Puji dan Syukur atas Rahmat Allah SWT, Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan mendapatkan hasil akreditasi dengan predikat Baik Sekali (Skor Nilai 341) dengan Nomor SK 0208/LAM-PTKes/Akr/Dip/III/2022 dan untuk Program Studi Pendidikan Profesi Bidan mendapatkan hasil akreditasi dengan predikat Baik Sekali (Skor Nilai 339) dengan Nomor SK 0209/LAM-PTKes/Akr/Pro/III/2022. Hasil tersebut merupakan bukti kesungguhan Program Studi, tim kerja akreditasi di PS maupun UPPS serta segenap civitas akademika dalam upaya mengawal mutu pendidikan sebagaimana yang tertuang dalam Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Selamat untuk Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan!

SK Akreditasi Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan – Download

SK Akreditasi Program Studi Pendidikan Profesi Bidan – Download

Penyerahan SK Akreditasi Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan Kepada Ketua Program Studi Sarjana Terapan dan Pendidikan Profesi Bidan ibu Elita Vasra, SST, M.Keb

Leave a Comment

16 + 6 =