Assesmen Lapang Daring (ALD)

Program Studi Diploma Tiga Sanitasi

Poltekkes Kemenkes Palembang

(08 Februari – 10 Februari 2022)

Poltekkes Kemenkes Palembang Program Studi Diploma Tiga Sanitasi Jurusan Kesehatan Lingkungan Palembang telah melaksanakan kegiatan Assesmen Lapangan Daring (ALD) selama 3 hari mulai dari tanggal 08 Februari 2022 hingga 10 Februari 2022. Pada kegiatan ALD ini yang bertindak sebagai tim asesor Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi (LAM-PTKes) yaitu ibu Prof. Dr. drh. Ririh Yudhastuti, M.Sc dari Universitas Airlangga sebagai Ketua Asesor (Asesor I) dan bapak Hadi Suryono, ST.MPPM dari Poltekkes Kemenkes Surabaya sebagai Asesor Pendamping (Asesor II). Pelaksanaan assesmen masih dilakukan secara daring seperti pelaksanaan akreditasi di tahun 2020 dengan media Virtual Meeting Zoom mengingat Indonesia masih dilanda pandemi Covid-19. Kegiatan reakreditasi dilaksanakan setiap 5 tahun sekali setelah sebelumnya Program Studi Diploma Tiga Sanitasi telah melaksanakan akreditasi pada tahun 2016 dengan status terakreditasi peringkat B (Baik) dengan skor nilai yang didapat 311.

Program Studi Diploma Tiga Sanitasi merupakan Program Studi pertama dilingkungan Poltekkes Kemenkes Palembang yang melakukan akreditasi dengan menggunakan instrumen 9 kriteria. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi tim akreditasi baik di PS maupun UPPS dalam menyusun borang 9 kriteria mengingat hal tersebut baru pertama kali dilakukan. Kegiatan ALD dihadiri dan diikuti oleh Pimpinan seperti Direktur, Wakil Direktur I, Wakil Direktur II, Ketua Program Studi Sanitasi Ibu Diah Navianti, S.Pd., M.Kes, Anggota Senat serta Tim Akreditasi dari kriteria 1 hingga kriteria 9 yang terlibat serta dengan pihak eksternal seperti alumni dan narasumber dari tempat lahan praktik (RS dan Puskesmas).

Sesuai dengan Rundown ALD yang telah diberikan oleh pihak LAM-PTKes, hari pertama merupakan acara pembukaan ALD dengan agenda pengenalan pimpinan UPPS, PS dan pengenalan tim asesor serta pembacaan susunan acara dan tata tertib. Agenda selanjutnya, presentasi, konfirmasi serta sinkronisasi terkait data dan dokumen yang telah di unggah oleh pihak UPPS dan PS dengan pihak asesor. Dilanjutkan dengan sesi live streaming sarana dan prasarana di ruang pimpinan, ruang dosen, ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, dan sebagainya. Pada hari kedua, difokuskan dengan kegiatan tanya jawab asesor dengan stakeholder internal dan eskternal seperti dosen, mahasiswa, alumni, pengguna, tendik hingga middle manajemen (Pimpinan UPPS, PS, dan bidang yang terkait). Pihak asesor menyusun laporan hasil assemen lapangan berdasarkan catatan yang telah dibuat. Acara pada hari kedua ditutup dengan sesi penyampaian berita acara assesmen lapangan yang disampaikan oleh tim Asesor. Di hari terakhir kegiatan ALD melakukan kegiatan sesi perbaikan berita acara, penandatanganan berita acara assesmen lapangan, wrap up, penyampaian berita acara dan rekomendasi ALD dan dilakukan unggah dokumen ALD.

Dengan mengucapkan Puji dan Syukur atas Rahmat Allah SWT, Program Studi Diploma Tiga Sanitasi melalui LAM-PTKes mendapatkan hasil akreditasi dengan predikat Baik Sekali (Skor Nilai 355) dengan nomor SK 0137/LAM-PTKes/Akr/Dip/II/2022. Hasil tersebut merupakan bukti kesungguhan Program Studi Diploma Tiga Sanitasi, tim kerja akreditasi di PS maupun UPPS serta segenap civitas akademika dalam upaya mengawal mutu pendidikan sebagaimana yang tertuang dalam Standar Nasional Pendidikan Tinggi serta menunjukkan bahwa instrumen 9 kriteria bukan menjadi kendala besar dalam pelaksanaan akreditasi di Program Studi Diploma Tiga Sanitasi. Selamat untuk Program Studi Diploma Tiga Sanitasi!

Leave a Comment

two × 5 =