Poltekkes Kemenkes Palembang melalui Pusat Penjaminan Mutu telah melakukan pendampingan akreditasi pada program studi Diploma Tiga Farmasi Poltekkes Kemenkes Palembang pada tanggal 8 Juni 2022. Pendampingan dilakukan mengingat program studi Diploma Tiga Farmasi telah dijadwalkan secara tentative untuk melakukan upload borang pada bulan Januari 2023. Pendampingan dihadiri oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Palembang, Wakil Direktur I, Wakil Direktur II, Wakil Direktur III sekaligus sebagai Asesor Pendamping dan PJ UPPS Tim Teknis Kriteria 3, Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan (Kapusbangdik) sekaligus PJ UPPS Tim Teknis Kriteria 1, Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) sekaligus PJ UPPS Tim Teknis Kriteria 7, 8 dan 9 serta Tim akreditasi PS Diploma Tiga Farmasi.

Kegiatan pendampingan dimulai dengan pembukaan dari Ketua Jurusan Farmasi. Dilanjutkan dengan pembukaan dari Direktur Poltekkes Kemenkes Palembang dan Wakil Direktur I serta Kepala Pusat Penjaminan Mutu yang memberikan arahan terkait akreditasi dengan menggunakan instrumen 9 kriteria yang akan dilakukan oleh program studi Diploma Tiga Farmasi. Pada pertemuan pertama ini membahas hal-hal yang perlu disiapkan oleh program studi melalui pedoman Buku IV – Pedoman dan Matriks Penilaian Akreditasi Diploma Tiga Farmasi. Direktur juga mengingatkan tim program studi untuk dapat memperbarui video profil jurusan dengan batas waktu 1 bulan untuk dapat melihat progress yang telah dikembangkan oleh program studi. Program Studi D3 Farmasi juga diminta untuk membuat daftar/list terkait sarana dan prasarana yang diperlukan oleh jurusan farmasi untuk kebutuhan akreditasi. Direktur juga mengingatkan untuk memperbarui data program studi yang ada di PDDIKTI.

Diharapkan melalui pendampingan akreditasi ini, Program Studi Diploma Tiga Farmasi dapat melihat gambaran seperti dokumen, data mahasiswa dan dosen, data kerja sama, dan lainnya yang perlu dipersiapkan serta strategi Program Studi Diploma Tiga Farmasi dalam melaksanakan reakreditasi pada tahun 2023 agar mendapatkan predikat ‘Unggul’.

Leave a Comment

three × five =