Direktorat Penyediaan Tenaga Kesehatan telah melaksanakan sosialisasi aplikasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) melalui media daring (Zoom Virtual Meeting) pada tanggal 9 Juni 2022. Sosialisasi ini dilakukan untuk menindaklanjuti pengembangan aplikasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) berbasis web. Kegiatan ini dihadiri oleh 38 Poltekkes Kemenkes di seluruh Indonesia.

Melalui Bapak Reza Misbhakul yang telah memberikan demo/tutorial Aplikasi SPMI Berbasis Web, Poltekkes Kemenkes masing-masing diminta untuk memperbarui data profil mengingat data yang dipakai masih data lama yaitu data pada tahun 2018. Admin Direktorat atau Unit Penjaminan Mutu yang mengelola akun SPMI berbasis web ini juga dapat mengelola akun program studi yang perlu ditambahkan dan dihapus serta melakukan monitoring dan validasi atas pengisian penilaian yang sudah dilalukan oleh Program Studi masing-masing. Program studi juga perlu melakukan perbaruan data seperti nama ketua program studi, SK, dan alamat lokasi program studi.

Diharapkan melalui pengembangan aplikasi SPMI ini dapat menambah fitur dan menu yang menunjang program studi dalam melakukan SPMI serta Audit Mutu Internal mengingat penilaian yang dilakukan diambil dari Buku 4 LAM-PTKes Pedoman dan Matriks Penilaian Akreditasi dengan menggunakan instrumen 9 Kriteria. Hal ini tentunya mempermudah program studi dalam mempersiapkan akreditasi.

Leave a Comment

5 × 4 =