Palembang, 19 s.d 21 Mei 2021 Pusat Penjaminan Mutu Poltekkes Kemenkes Palembang menyelenggarakan Workshop Penyusunan Standar Penelitian, Pengabmas, dan Perguruan Tinggi, Poltekkes Kemenkes Palembang dengan Narasumber dari L2Dikti Wilayah II: Ertati Suarni, S.Si., M.Farm.Apt (Dosen Fakultas Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Palembang), acara bertempat di Hotel Aryaduta Palembang.

Pada kegiatan ini diikuti oleh 60 peserta, terdiri dari Pejabat di lingkungan Poltekkes Kemenkes Palembang (Direktur, Wadir I, II,III), Ka. SPI, Ka. Pusat P2M, Ka. Subbag ADAK, Ka. Unit Pengembangan Bahasa, Ka.Unit Laboratorium Terpadu, Ka. Unit IT, Ka. Unit Perpustakaan Terpadu, Ka. Unit Pemilik Resiko, Ka. Unit Instalasi Sarana dan Prasaran, Ka. Instalasi Asrama, Ka. Urusan Keuangan, Ka. Urusan AKLAP, Ka. Urusan Umum, Ka. Urusan BMN, Ka. Urusan Kepegawaian, Ka. Urusan Kemahasiswaan, Ka. Usrusan Sistem Informasi, Ka. Urusan Pengembangan Alumni dan Kerjasama, Koordinator Jurnal dan HKI, Koordinator Komisi Etik, Koordinator Pengabmas, Staf SPI, Staf Pusat Pengembangan Pendidikan, Staf P2M, Staf Kemahasiswaan, Staf Kepegawaian, Staf Keuangan, Staf BMN, Staf ULP, Staf Umum, Staf Pusat Penjaminan Mutu, PJ Penjamu dan PJ P2M (Prodi D3, D4) dan dosen  di lingkungan Poltekkes Kemenkes Palembang.

Workshop Penyusunan Standar Penelitian, Pengabmas, dan Standar Perguruan Tinggi dilaksanakan dengan metode ceramah tanya jawab, diskusi kelompok, praktikum dan presentasi kelompok, pada setiap sesi. Acara ini dilaksanakan selama 3 hari, pada hari pertama penyampaian materi oleh narasumber tentang Kebijakan Nasional Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi dan Sistem Penjaminan Mutu Internal (dasar hukum Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi, Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi, tujuan dan fungsi SPM Dikti, Standar Pendidikan Tinggi, Pelaksanaan Standar Pendidikan Tinggi, Evaluasi Pelaksanaan Standar Dikti, pengendalian pelaksanaan Standar Dikti dan peningkatan Standar Dikti.

Pada hari kedua, penyampaian materi sinkronisasi isi standar Dikti & matriks penilaian 9 Kriteria kemudian dilanjutkan dengan penugasan menyusun draf standar SN Dikti, diskusi dan presesntasi kelompok lalu di koreksi oleh narasumber. 

Hari ketiga, kegiatan dilanjutkan dengan presentasi isi standar yang disampaikan perkelompok, dan di koreksi oleh narasumber.

Workshop Penyusunan Standar Penelitian, Pengabmas, dan Standar Perguruan Tinggi Poltekkes Kemenkes Palembang, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman fungsi dan peran berbagai dokumen SPMI, mampu menyusun Standar Mutu Penelitian Pengabmas SPMI dengan mengacu  pada konsep PPEPP, mengidentifikasi lingkup perbaikan mutu dan mengembangkan secara professional serta berkelanjutan, meningkatkan  pengetahuan dan kemampuan  institusi  tentang standar SPMI dan implementasi PPEPP pada setiap standar SN-Dikti, membangun budaya Mutu dengan mengimplementasikan pola pikir, pola sikap, pola prilaku sesuai Standar Dikti.

Semoga luaran dari kegiatan ini dapat dihasilkan/disusun serta ditetapkan standar baku yang sesuai dengan SN Dikti dan dapat di permudah yang menghadapi akreditasi 9 kriteria.

Berikut link laporan yang telah dibuat oleh Pusat Penjaminan Mutu mengenai pelaksanaan Workshop ini :

Download Laporan WS 19-21 Mei 2021

Leave a Comment

four × 2 =